Berlatih pada kekuatan otot dan daya tahan dapat membantu Anda untuk mencapai banyak tujuan yang berkaitan dengan kesehatan, kebugaran serta penurunan berat badan.

Apakah Anda sedang mencoba untuk menurunkan berat badan, menambah berat badan atau mempertahankan komposisi tubuh saat ini, berlatih pada kekuatan dapat membantu Anda mencapai hasil fisik yang Anda inginkan sekaligus meningkatkan rasa percaya diri. Berikut adalah beberapa manfaat dari berlatih kekuatan yang menjadi favorit saya:

Penurunan berat badan:Berat badan Anda secara keseluruhan terdiri dari banyak otot, oleh karena itu tubuh membutuhkan lebih banyak kalori untuk dapat mempertahankan otot tersebut.

Otot secara metabolik lebih aktif dibandingkan lemak dan oleh karena itu, dapat membantu Anda membakar beberapa ekstra kalori per hari saat beristirahat. Namun, saya percaya bahwa kegembiraan saat memiliki massa otot lebih ramping akan lebih menyenangkan setelah membakar kalori, termasuk meningkatkan kekuatan dan mengurangi risiko cedera.

Meningkatkan massa tubuh ramping: Latihan kekuatan, bila dikombinasikan dengan asupan yang kaya akan protein, dapat membantu mencegah atau meminimalkan hilangnya massa otot yang biasanya menjadi efek samping dari diet. Biasanya ketika orang memotong kalori harian mereka untuk menurunkan berat badan, berat badan yang turun tidak selalu sehat atau berkelanjutan. Ketika orang sedang berdiet tanpa berolahraga, mereka bisa kehilangan lemak tubuh selain jaringan otot yang sehat, yang memiliki efek jangka panjang pada kondisi badan Anda.

Penampilan: Berlatih kekuatan otot dapat mempengaruhi komposisi tubuh Anda secara keseluruhan, menghasilkan proporsi yang lebih besar dari jaringan ramping Anda dibandingkan dengan jaringan lemak. Ini dapat meningkatkan penampilan Anda secara keseluruhan dan mengecilkan ukuran baju Anda. Otot memakan banyak ruang di dalam tubuh per pon daripada lemak, sehingga memiliki massa otot dapat membuat Anda terlihat sekaligus merasa luar biasa.

Kulit yang kencang: Meskipun latihan kekuatan otot sendiri tidak benar-benar mengencangkan kulit, namun dapat membuat kulit Anda terlihat lebih kencang, terutama jika Anda telah kehilangan banyak lemak tubuh dan memiliki kulit gelambir sebagai hasilnya. Proses ketika Anda kehilangan lemak dan kemudian membangun otot, dapat meningkatkan terlihatnya penampilan kulit yang bergelambir dan kendur.

Anti-penuaan: Berlatih kekuatan otot dapat membantu menangkal hilangnya otot yang berkaitan dengan usia alami, dikenal sebagai sarcopenia. Kehilangan massa otot sejalan dengan bertambahnya usia hanyalah bagian dari proses penuaan, sama seperti yang secara alami kita alami dengan kepadatan tulang. Jika Anda terus berlatih kekuatan otot sejalan dengan usia Anda, Anda dapat tetap bugar berapapun umur Anda sebenarnya.

Kabar baiknya adalah tidak ada kata terlambat untuk memulai. Bahkan jika Anda telah kehilangan massa otot sebagai bagian dari proses penuaan, Anda masih dapat berlatih dan membangunnya kembali pada usia berapa pun.

Kekuatan: Berlatih adaptasi terhadap yang terjadi dalam tubuh sebagai hasil dari latihan kekuatan otot, dapat meningkatkan aktivitas hidup kita sehari-hari, seperti mengangkat beban, berdiri, berjalan dan menikmati kegiatan-kegiatan sederhana. Jika Anda suka berolahraga, latihan kekuatan otot juga dapat membantu Anda meningkatkan kinerja secara keseluruhan.

Berlatih kekuatan tidak harus selalu mengangkat beban. Anda dapat meningkatkan kekuatan dengan latihan berat badan, gelang resistensi atau benda yang Anda miliki di dalam rumah, seperti botol air.

Biasanya, wanita percaya bahwa latihan kekuatan otot berarti menambah beban semakin berat dan terlihat semakin berotot, namun itu tidak benar, kecuali jika Anda ingin secara khusus mendapatkan hasil seperti itu.

Sebelum memulai aktivitas fisik, silakan berkonsultasi dengan dokter Anda.

Ditulis oleh Samantha Clayton, AFAA, ISSA. Samantha adalah Director of Fitness Education di Herbalife.