Anda mungkin tahu sebagian orang mengalami situasi yang membuat stres. Barangkali Anda mengalaminya juga dan sedang mencari cara untuk mengendalikannya. Stres dapat memengaruhi kesehatan setiap orang, karena sebenarnya stres merupakan reaksi otak dan tubuh saat berinteraksi terhadap stressor (pemicu). Mempelajari cara untuk mengendalikan stres sangat penting bagi kesehatan.

Terapkan tips hidup sehat berikut untuk mengendalikan stress secara efisien. Agar stres tidak merusak pikiran dan tubuh kita.

 

1. Konsumsi Makanan Sehat

 

Banyak orang cenderung makan berlebihan saat mengalami stres dan menjadikan cepat saji sebagai pelarian, alhasil menyebabkan asupan makanan tinggi gula, garam, dan lemak menjadi berlebihan. Selain itu, mengonsumsi kafein secara berlebihan atau saat malam tiba untuk meningkatkan mood, dapat mengganggu jam tidur Anda.

Bijaklah terhadap apa yang Anda konsumsi khususnya saat mengalami stress, cara tersebut dapat membantu mengendalikan dan mengubah cara Anda merespon stres.

 

2. Hindari Jajan Sembarangan

 

Makanan tinggi kalori dapat memicu pelepasan zat kimia tertentu di otak yang membuat kita bahagia sesaat. Makanan tersebut membuat kita ingin tetap ngemil dan makan berlebihan sehingga menyebabkan kenaikan berat badan. Makanan manis seperti es krim mungkin dapat memberikan Anda perasaan bahagia sementara namun biasanya berdampak buruk.

   Jika Anda ingin mengonsumsi camilan, pilihlah yang bernutrisi, bertekstur keras, dan renyah yang dapat membantu Anda menghilangkan stres dengan membuat otot rahang Anda bekerja saat mengonsumsinya.

 

3. Kendalikan Stres dengan Olahraga

Percaya atau tidak, olahraga dapat menjadi penghilang stres terbaik. Ketika Anda berolahraga, tubuh melepaskan hormon endorfin yang secara alami akan membuat Anda merasa lebih baik. Bagi sebagian orang, olahraga ringan dengan intensitas rendah seperti yoga, pilates, atau jalan santai di taman dapat menjadi solusi terbaik untuk mengurangi stres. Sebagian orang lebih menyukai olahraga dengan intensitas berat seperti lari sprint dan running.

Pada intinya, pilihlah olahraga yang membuat diri Anda merasa lebih baik dan berenergi. Jangan lupakan untuk berolahraga bersama teman atau keluarga Anda. Berolahraga bersama-sama dapat membuat Anda tetap termotivasi dan juga bisa menghilangkan stres.

 

4. Tidur yang Cukup

Saat kita tidak tidur dengan cukup, tubuh melepaskan hormon kortisol lebih banyak dibandingkan dari biasanya. Kortisol merupakan hormon yang apabila jumlahnya berlebihan dapat membuat kita lelah dan terlihat stres. Hal ini penting untuk tubuh kita dan istirahat malam yang cukup dapat membantu mengurangi stres.

Dapat disimpulkan bahwa asupan nutrisi, olahraga, dan tidur yang cukup dapat mendukung hidup yang lebih sehat serta mengurangi stres yang Anda alami. Kelola tingkat stres Anda lebih baik sehingga Anda dapat hidup lebih sehat dan lebih bahagia.